-->
#NovemberSpeak: Lakukan hal-hal yang selalu Anda inginkan sekarang juga. Atau buatlah rencana-rencana sekarang. Atau programkan pikiran bawah sadar sekarang. Bukan besok! Selamat Datang di jackbox.tk..Jack In The Box merupakan blog sharing dan berbagi yang memberikan artikel-artikel menarik dan inspiratif seperti artikel kesehatan,artikel pendidikan,artikel motivasi,artikel bahasa inggris,artikel lingkungan hidup,artikel islam,artikel menarik,artikel komputer,artikel cinta,tv online,berita,tips,trik,info,teknologi,film serta memberikan informasi,kejadian aneh,unik,life style, berita pilihan terkini secara gratis...Enjoy Here!!! >> ( dicari artikel yang menarik dan original yang belum dipublikasikan sebelumnya untuk dipublikasikan di blog ini, segera kirim ke email: im_zzt@yahoo.co.id ) @ Jack In The Box indonesia blogger .

Rabu, 24 Agustus 2011

Beranda » » » » Kenapa Gempa Virginia Meluas?

Kenapa Gempa Virginia Meluas?


Ciri kerak bumi di Pantai Timur serta pengikisan di daerah dataran sepanjang pesisir memengaruhi gempa di Virginia. Gempa 5,8 SR yang menghantam wilayah pesisir Pantai Timur Amerika Serikat pada Selasa (23/8) bukan hanya tidak terduga, tapi juga memiliki jangkauan yang sangat jauh.

Guncangan gempa yang berpusat di Louisa, Virginia, 135 kilometer barat daya Washington tersebut dirasakan di beberapa kawasan, termasuk Washington, New York, Rhode Islands, serta Martha's Vineyard. Di ibukota sendiri, dilaporkan getaran hebat terjadi selama 40 detik, membuat evakuasi terpaksa dilakukan pada sejumlah lokasi, seperti Capitol Hill, Gedung Putih, Pentagon atau Markas Kementerian Pertahanan AS, dan lain-lain.

Tidak seperti Pantai Barat, wilayah Pantai Timur jarang diguncang gempa. "Tipe permukaannya berbeda dengan Pantai Barat," kata David Schwartz, ahli gempa dari USGS.

Kerak permukaan bumi di Pantai Timur itu lebih tua, dingin, padat, dan tebal. Karena itulah gelombang gempa yang diakibatkan jauh lebih luas, mengantarkan getaran ke hampir sebagian benua, atau tepatnya seluruh kawasan Pantai Timur.

Sementara Andy Frassetto dari Incorporated Research of Seismology mengamati bahwa pengikisan di daerah dataran sepanjang pesisir turut memengaruhi kekuatan gempa. "Pengikisan dapat memerangkap gelombang dan menghasilkan sedikit peningkatan pada guncangan," jelasnya.

Sejak 1977, pernah ada kira-kira 200 gempa di Virginia. Gempa dalam skala besar terakhir terjadi Mei 1897.


Sumber: Live Science, Reuters, Guardian
Source: NGI Description: Kenapa Gempa Virginia Meluas? Rating: 5.0 Reviewer: sebelas em ItemReviewed: Kenapa Gempa Virginia Meluas?

Posting Komentar

Catatan :
Berkomentar dengan menggunakan kalimat yang baik dan santun.
Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM.
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.

Rate this post
thank's :)
Next Prev home
 

Followers


SEO Stats powered by MyPagerank.Net
free counters

100 Blog Indonesia Terbaik
News & Media Blogs - BlogCatalog Blog Directory

DMCA.com
jack in the box Copyright © 2011 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template edit by Imzzt

Back to Top