-->
#NovemberSpeak: Lakukan hal-hal yang selalu Anda inginkan sekarang juga. Atau buatlah rencana-rencana sekarang. Atau programkan pikiran bawah sadar sekarang. Bukan besok! Selamat Datang di jackbox.tk..Jack In The Box merupakan blog sharing dan berbagi yang memberikan artikel-artikel menarik dan inspiratif seperti artikel kesehatan,artikel pendidikan,artikel motivasi,artikel bahasa inggris,artikel lingkungan hidup,artikel islam,artikel menarik,artikel komputer,artikel cinta,tv online,berita,tips,trik,info,teknologi,film serta memberikan informasi,kejadian aneh,unik,life style, berita pilihan terkini secara gratis...Enjoy Here!!! >> ( dicari artikel yang menarik dan original yang belum dipublikasikan sebelumnya untuk dipublikasikan di blog ini, segera kirim ke email: im_zzt@yahoo.co.id ) @ Jack In The Box indonesia blogger .

Senin, 09 Mei 2011

Beranda » » "Thailand-Kamboja Ingin Damai"

"Thailand-Kamboja Ingin Damai"


JAKARTA - Usai pertemuan trilateral antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Menteri Luar Negeri Thailand dan Menteri Luar Negeri Kamboja, memastikan bahwa Thailand dan Kamboja memastikan untuk tetap menyelesaikan masalah konflik mereka dengan cara damai.

Menlu RI Marty Natalagewa menunjukan bahwa pertemuan yang diikuti Menlu Thailand Kasit Piromya dan Menlu Kamboja Hor Namhong ini, menggaris bawahi bahwa kedua pihak benar ingin damai.

"Pendekatan kami, menegaskan kedua pihak tetap ingin menyelesaikan masalah ini dengan damai, pertanyaan sederhana, tapi prinsipil, digarisbawahi kedua belah pihak, benar mereka ingin damai," menurut Menlu Natalegawa di Jakarta, Senin (9/5/2011).

"Setelah itu kita memetakan permasalahan apa yang dihadapi saat ini, mulai dari MoU, TOR, dan tanpa ingin menampilkan dalam suatu dokumen yang resmi, kami mengidentifikasi, seperti ini permasalahannya, dan bagaimana ini bisa dirancang dalam satu kesatuan program yang bisa diimplementasikan ke depan," lanjutnya.

Suasana negosiasi tersebut menurut menlu berlangsung dengan dinamis. Dirinya menggambarkan bahwa pertemuan memang sempat memanas. Namun Indonesia yang saat ini bertindak sebagai fasilitator, dapat mencairkan suasana pertemuan.

"Suasana sempat kaku, masih dalam posisi dasar masing-masing. Indonesia pun menampilkan konsepnya, kami pun pindah ke ruangan lain, ditambah lapis legit dan teh. Alhamdullilah, hasil yang dicapai lebih baik dari yang diharapkan. Kita lihat perkembangannya dalam satu-dua hari ke depan," tutur menlu.

Saat ditanya apa antisipasi untuk skenario terburuk bila negosiasi gagal, menlu melihat dinamika di dalam negeri masing-masing bisa membawa dampak pada proses ini. Namun dirinya diberikan penegasan dari kedua negara, bahwa mereka akan menyelesaikan masalah dengan damai.

"Menurut saya, tidak ada sub region yang kebal dari masalah bahkan negara yang paling maju, demokratis, bahkan di negara-negara eropa. Tapi kita berusaha sebaik-baiknya, diplomasi tidak hanya soal sanksi atau tekanan, tapi juga dorongan," tegas mantan Duta Besar Indonesia untuk Inggris tersebut.

Menlu pun memastikan bahwa telah dicapai konsensus antara para menteri, intinya menentukan bagaimana pihak yang bertikai bisa menggulirkan proses ke depan termasuk juga proses penggelaran peninjau Indonesia.

"Ada tiga tahap, persetujuan dari General Border Committte, pertemuan GBC pelaksanaan itu sendiri dan hasil-hasil serta deployment dari tim peninjau Indonesia," ucap menlu.

Ketika dikaitkan mengenai konflik ini dapat mengganggu proses komunitas ASEAN 2015, menlu mengatakan masalah ini sudah ada sejak dahulu jauh sebelum ASEAN ada. Namun bila ASEAN tidak bertindak justru akan mengukuhkan sebagai organisasi tidak relevan.


Sumber : http://international.okezone.com/read/2011/05/09/411/455163/thailand-kamboja-ingin-damai Description: "Thailand-Kamboja Ingin Damai" Rating: 5.0 Reviewer: sebelas em ItemReviewed: "Thailand-Kamboja Ingin Damai"

Posting Komentar

Catatan :
Berkomentar dengan menggunakan kalimat yang baik dan santun.
Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM.
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.

Rate this post
thank's :)
Next Prev home
 

Followers


SEO Stats powered by MyPagerank.Net
free counters

100 Blog Indonesia Terbaik
News & Media Blogs - BlogCatalog Blog Directory

DMCA.com
jack in the box Copyright © 2011 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template edit by Imzzt

Back to Top