-->
#NovemberSpeak: Lakukan hal-hal yang selalu Anda inginkan sekarang juga. Atau buatlah rencana-rencana sekarang. Atau programkan pikiran bawah sadar sekarang. Bukan besok! Selamat Datang di jackbox.tk..Jack In The Box merupakan blog sharing dan berbagi yang memberikan artikel-artikel menarik dan inspiratif seperti artikel kesehatan,artikel pendidikan,artikel motivasi,artikel bahasa inggris,artikel lingkungan hidup,artikel islam,artikel menarik,artikel komputer,artikel cinta,tv online,berita,tips,trik,info,teknologi,film serta memberikan informasi,kejadian aneh,unik,life style, berita pilihan terkini secara gratis...Enjoy Here!!! >> ( dicari artikel yang menarik dan original yang belum dipublikasikan sebelumnya untuk dipublikasikan di blog ini, segera kirim ke email: im_zzt@yahoo.co.id ) @ Jack In The Box indonesia blogger .

Kamis, 18 Oktober 2012

Beranda » » » » » Biogas dari Kotoran Sapi

Biogas dari Kotoran Sapi

Pemerintah Daerah Sukabumi mengolah kotoran sapi menjadi biogas untuk bahan bakar sebagai salah satu upaya penanggulangan limbah peternakan.

Dengan bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Pemda Sukabumi membuat prototipe pengolahan limbah ternak yang dihasilkan dari peternakan di Kelurahan Cikundul untuk menjadi biogas. Kegiatan ini, seperti tertera pada siaran pers BPPT, merupakan penyelesaian masalah lingkungan yang memberikan manfaat ekonomi. "Maksud kegiatan ini adalah memberikan solusi teknologi kepada pemerintah daerah dan masyarakat peternak dalam pengelolaan lingkungan," jelas Direktor Teknologi Lingkungan BPPT Joko Prayitno Susanto saat menyerahkan pengelolaan instalasi biogas di Cikundul, Kamis (11/10).

Beberapa unit percontohan pengolahan limbah sudah dibuat. Pelatihan pengoperasian terhadap unit tersebut juga sudah berjalan. Kelurahan Cikundul merupakan salah satu pusat peternakan sapi daging dan sapi perah. Limbah yang dihasilkan menimbulkan masalah lingkungan. Apabila diolah menjadi biogas, limbah peternakan dapat menggantikan LPG di rumah tangga. Produksinya bisa mencapai 4 hingga 5 meter kubik per hari, setara dengan 2 kilogram LPG. Selain diolah menjadi biogas, kotoran dapat diolah menjadi kompos.

Potensi kompos yang dihasilkan mencapai 200 liter per hari. Seekor sapi perah dapat menghasilkan limbah padat sebanyak 20 sampai 25 kilogram sera 100 sampai 250 liter limbah cair per hari. Kalau limbah tidak dikelola dengan benar, berbagai masalah bisa muncul, termasuk penyebaran penyakit dan bau tidak sedap. Menurut Kardina Karsudi, Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Sukabumi, pengolahan limbah ini tidak dibuat hanya untuk Cikundul. "Kalau kegiatan ini bisa diterapkan dan berkesinambungan di Sukabumi, saya harap bisa dilanjutkan tidak hanya di Cikundul ini," katanya.

Daerah lain yang dianggap berpotensi adalah daerah sekitar Sungai Cikapundung, Jawa Barat. Kondisi sungai yang termasuk sungai terbesar di Jawa Barat tersebut memprihatinkan akibat tingginya pencemaran, termasuk oleh limbah peternakan di kawasan hulu Cikapundung. Di Desa Sunetenjaya, pembuatan biogas dan kompos dari kotoran sapi sudah diterapkan. Biogas yang dihasilkan dimanfaatkan sebagai bahan bakar kompor dan pembangkit listrik.

Sumber : NGI


Description: Biogas dari Kotoran Sapi Rating: 5.0 Reviewer: sebelas em ItemReviewed: Biogas dari Kotoran Sapi

3 comments

18 Oktober 2012 pukul 23.32

saudara2 ane xixi *loh. hmmm mestinya pemerintah menggiatkan hal ini hehhe. komen back yaw

21 Oktober 2012 pukul 17.26

Here in Brazil, we have some great examples wich biomass turn up biofuel! Look our technology on www.terrabioenergia.com we accept investors or partners into the BOOT System (Build- Own-Operate-Transfer).

Best regards,

TerraBioenergia Team

5 November 2012 pukul 02.46

Great postings with beautiful photos.

Posting Komentar

Catatan :
Berkomentar dengan menggunakan kalimat yang baik dan santun.
Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM.
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.

Rate this post
thank's :)
Next Prev home
 

Followers


SEO Stats powered by MyPagerank.Net
free counters

100 Blog Indonesia Terbaik
News & Media Blogs - BlogCatalog Blog Directory

DMCA.com
jack in the box Copyright © 2011 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template edit by Imzzt

Back to Top