-->
#NovemberSpeak: Lakukan hal-hal yang selalu Anda inginkan sekarang juga. Atau buatlah rencana-rencana sekarang. Atau programkan pikiran bawah sadar sekarang. Bukan besok! Selamat Datang di jackbox.tk..Jack In The Box merupakan blog sharing dan berbagi yang memberikan artikel-artikel menarik dan inspiratif seperti artikel kesehatan,artikel pendidikan,artikel motivasi,artikel bahasa inggris,artikel lingkungan hidup,artikel islam,artikel menarik,artikel komputer,artikel cinta,tv online,berita,tips,trik,info,teknologi,film serta memberikan informasi,kejadian aneh,unik,life style, berita pilihan terkini secara gratis...Enjoy Here!!! >> ( dicari artikel yang menarik dan original yang belum dipublikasikan sebelumnya untuk dipublikasikan di blog ini, segera kirim ke email: im_zzt@yahoo.co.id ) @ Jack In The Box indonesia blogger .

Rabu, 06 Juli 2011

Beranda » » » » Rumput Laut Berpotensi Jadi Bahan Bakar Masa Depan

Rumput Laut Berpotensi Jadi Bahan Bakar Masa Depan


Tumbuhan semacam rumput laut terbukti berpotensi untuk menjadi bahan bakar di masa depan. Hal tersebut ditunjukkan oleh analisis peneliti asal Aberystwyth University, Wales yang mengumpulkan sampel kelp (Laminaria digitata).

Tumbuhan tersebut semakin efektif ketika dipanen di musim panas. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa Juli merupakan bulan terbaik untuk memanen kelp agar dijadikan biofuel. “Jika kelp dipanen pada kisaran bulan Juli, level karbohidrat pada tanaman itu berada di titik tertinggi. Ia akan memiliki kadar gula yang optimal untuk produksi bahan bakar,” kata Dr. Jessica Adams, ketua tim peneliti dari Aberystwyth University, Wales.

Adams menyebutkan, dalam proses fermentasi, karbohidrat dan gula mudah larut dikonversi menjadi etanol. "Agar optimal, kedua zat tersebut dibutuhkan sebanyak mungkin. Selain karbohidrat dan gula, kandungan logam juga bisa hadir di sana. Namun untuk zat ini, jumlahnya harus ditekan serendah mungkin," jelas Adams.

Bahan bakar dari rumput laut semacam ini menawarkan kemampuan yang tidak dimiliki oleh energi terbarukan lain, misalnya listrik tenaga angin, yakni sumber energi yang bisa disimpan dan bisa digunakan, misalnya saat hembusan angin menurun.

Namun demikian, kata Adams, masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan, misalnya mengidentifikasi dan mengurai substansi bernilai tinggi lainnya seperti pigmen dan phenol, sebelum sisanya digunakan untuk membuat bahan bakar.

Oleh Adams dan timnya, temuan ini dipaparkan dalam ajang Society for Experimental Biology Annual Conference di Glasgow, 4 Juli 2011.



Sumber : Science Daily Description: Rumput Laut Berpotensi Jadi Bahan Bakar Masa Depan Rating: 5.0 Reviewer: sebelas em ItemReviewed: Rumput Laut Berpotensi Jadi Bahan Bakar Masa Depan

Posting Komentar

Catatan :
Berkomentar dengan menggunakan kalimat yang baik dan santun.
Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM.
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.

Rate this post
thank's :)
Next Prev home
 

Followers


SEO Stats powered by MyPagerank.Net
free counters

100 Blog Indonesia Terbaik
News & Media Blogs - BlogCatalog Blog Directory

DMCA.com
jack in the box Copyright © 2011 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template edit by Imzzt

Back to Top