-->
#NovemberSpeak: Lakukan hal-hal yang selalu Anda inginkan sekarang juga. Atau buatlah rencana-rencana sekarang. Atau programkan pikiran bawah sadar sekarang. Bukan besok! Selamat Datang di jackbox.tk..Jack In The Box merupakan blog sharing dan berbagi yang memberikan artikel-artikel menarik dan inspiratif seperti artikel kesehatan,artikel pendidikan,artikel motivasi,artikel bahasa inggris,artikel lingkungan hidup,artikel islam,artikel menarik,artikel komputer,artikel cinta,tv online,berita,tips,trik,info,teknologi,film serta memberikan informasi,kejadian aneh,unik,life style, berita pilihan terkini secara gratis...Enjoy Here!!! >> ( dicari artikel yang menarik dan original yang belum dipublikasikan sebelumnya untuk dipublikasikan di blog ini, segera kirim ke email: im_zzt@yahoo.co.id ) @ Jack In The Box indonesia blogger .

Senin, 27 Juni 2011

Beranda » » » Komet Baru Dapat Dilihat Tahun 2013

Komet Baru Dapat Dilihat Tahun 2013


Sebuah komet baru yang sedang bergerak ke arah matahari ditemukan oleh tim Pan-STARRS dari University of Hawaii. Saat komet itu berada di dekat matahari pada tahun 2013, orang di Bumi mungkin dapat melihat dengan mata telanjang.

Tim menemukan komet es tersebut saat mengambil gambar dengan kamera digital terbesar di dunia--1.400 megapiksel. "Hampir sebagian besar benda yang kami temukan asteroid. Satu objek mencurigakan," kata Richard Wainscoat, salah anggota tim. Astronom dari University of Hawaii itu menjelaskan kalau objek yang ditemukan tidak memiliki karakteristik asteroid. "Tampilannya agak kabur," jelasnya.

Saat ini, komet yang diberi nama C/2011 L4 (PANSTARRS) berada di antara orbit Jupiter dan Saturnus--1,1 miliar kilometer jauhnya dari Bumi. Pada Maret 2013, C/2011 L4 akan berjarak 48 juta kilometer dari matahari, lebih dekat daripada jarak Merkurius ke matahari. Komet itu tidak akan membahayakan Bumi.

Pada jarak itu, hampir seluruh es pada komet akan menguap membuat lapisan komet semakin padat. Uap bersama dengan gas dan debu akan menghasilkan ekor. Ketika lapisan semakin padat, komet akan semakin terang, bahkan dapat disaksikan dengan mata telanjang saat matahari terbenam.

Komet akan terlihat jelas dengan binokular meskipun dengan mata telanjang mungkin dapat tampak. "Tapi masih perlu analisis. Kami tidak berani memastikan sampai beberapa minggu sebelumnya," aku Waincoat.

Komet C/2011 L4 hanya akan sekali melintasi Tata Surya. "Setelah melewati matahari, komet akan terlontar ke luar Tata Surya dan tak akan kembali lagi," kata Wainscoat. Lagipula, Wainscoat menjelaskan bahwa mereka tidak memiliki banyak data mengenai objek bergerak itu. "Kami tidak tahu orbitnya saat ini. Butuh waktu dua bulan untuk observasi," jelasnya.

Astronom meyakini C/2011 L4 merupakan "pelarian" dari awan Oort, tempat miliaran komet berhibernasi. Komet-komet itu bisa memiliki orbit 100.000 kali jarak matahari dan Bumi.


Sumber: National Geographic News Description: Komet Baru Dapat Dilihat Tahun 2013 Rating: 5.0 Reviewer: sebelas em ItemReviewed: Komet Baru Dapat Dilihat Tahun 2013

Posting Komentar

Catatan :
Berkomentar dengan menggunakan kalimat yang baik dan santun.
Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM.
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.

Rate this post
thank's :)
Next Prev home
 

Followers


SEO Stats powered by MyPagerank.Net
free counters

100 Blog Indonesia Terbaik
News & Media Blogs - BlogCatalog Blog Directory

DMCA.com
jack in the box Copyright © 2011 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template edit by Imzzt

Back to Top